Tipu via Facebook, PNS Sidrap Diringkus

Direktur Rumah Sakit Nene’ Mallomo, Sidrap, Sulawesi Selatan, drg Hasanani, mengaku kaget ada bawahannya berinisial AY yang terlibat penipuan melalui jejaring sosial Facebook.

“Saya sempat tidak percaya karena anak itu terlihat pendiam, tapi memang cerdas. Memang hampir sebulan ini dia tidak masuk kerja tanpa kami ketahui alasannya,” katanya di Sidrap, Selasa (26/4/2011).

Kini, oknum PNS di RSUD Nene’ Mallomo Pangkejene, Kabupaten Sidrap, tersebut berada di hotel prodeo Kepolisian Metro Jaya karena aksi penipuannya berada dalam wilayah kerja tersebut.

Sementara itu, polisi Sidrap masih memburu dua rekan AY yang membantunya menipu lewat jejaring sosial Facebook. Mereka berkomplot menipu dengan sasaran terutama orang-orang di wilayah Pulau Jawa.

Modusnya, mereka memasang iklan penjualan barang elektronik, seperti handphone dan laptop, yang relatif murah. AY memasang nomor telepon selulernya untuk meyakinkan para calon korban. Aksi terakhirnya berhasil menipu beberapa korbannya hingga mencapai Rp 14 juta.

Menurut Kepala Unit Buru Sergap Polres Sidrap Ipda Suardi, Selasa, tersangka beberapa kali lolos dan baru dapat diringkus di Bampue, Kelurahan Ruja Pittu, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap.

Saat itu, ia di rumah kerabatnya. Penangkapan AY dilakukan tim gabungan Polres Sidrap bersama tim dari Mabes Polri yang dipimpin AKBP Hermawan.

“Kami mendapatkan informasi dari Kepolisian Metro Jaya terkait aksi penipuan tersangka dan berhasil membekuknya belum lama ini,” katanya./kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: