Agar Libido Bercinta Tetap Menggebu

Ingin selalu tampil awet muda secara alami? Lakukanlah hubungan seksual secara regular. Namun, untuk mencapai hasil sempurna, perhatikan juga pola hidup yang sehat.

“Pasangan yang melakukan banyak hubungan seks selalu terlihat lebih muda dibandingkan mereka yang tidak. Mereka terlihat lebih langsing, fit, sehat, dan bahagia,” ujar Dr Cecilia Tregear, seorang spesialis hormon dan antiaging, seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Aktivitas seksual adalah salah satu parameter seseorang dapat dikatakan sehat atau tidak. Namun sayangnya, saat ini banyak orang tidak mendapatkan kehidupan seksual yang baik. Kelelahan, hilangnya gairah seksual, rutinitas seksual membosankan adalah faktor-faktor penghambat mendapatkan kehidupan seksual lebih baik.

Gaya hidup pun sangat memengaruhi kehidupan seksual seseorang seperti kurang nutrisi, merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, stres, dan kurangnya berolahraga. Sebaliknya, mereka yang memiliki kehidupan seksual menggairahkan adalah orang-orang yang mengonsumsi makanan-makanan bernutrisi.

“Nutrisi yang baik sangat penting bagi produksi hormon yang mengatur gairah seksual sehingga kita dapat melakukan hubungan seksual secara regular,” ujarnya.

Lalu, apa yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan gairah seksual Anda? Anda tidak perlu meminum obat kuat penambah gairah seksual, berikut langkah-langkahnya agar gairah berinca terus menyala:

1. Cukupi nutrisi untuk otak
Menurut Dr. Tregear, langkah pertama untuk meningkatkan gairah seksual adalah dengan memberi ‘makan’ pada otak. “Organ seksual yang terbesar adalah otak,” ujarnya.

Otak memproduksi zat kimia dan hormon yang mendorong rasa cinta dan reaksi, dorongan seksual, dan orgasme. Karena itulah, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dapat membantu produksi zat kimia dan hormon tersebut, khususnya yang berhubungan dengan jaringan saraf dopamin.

Meningkatkan fungsi otak dalam memproduksi dopamin terbukti dapat mengobati libido yang lesu. Bahkan, saat ini terdapat obat yang berisi dopamin. Namun, Anda tidak memerlukan hal tersebut jika Anda makan dengan benar.

Dopamine adalah zat kimia yang memunculkan rasa bahagia yang berhubungan dengan perasaan antisipasi dan keinginan. Untuk meningkatkan produksi dopamin, Anda dapat mengonsumsi banyak protein karena asam amino pada protein dapat diubah menjadi jaringan saraf di otak. Asam amino dapat ditemukan pada daging merah, ikan yang berminyak, telur, keju, buncis, susu, gandum, dan pisang.

Selain itu, produksi dopamin juga sangat bergantung pada konsumsi vitamin dan mineral. Jadi, pastikan Anda tetap mengonsumsi buah dan sayuran segar seperti semangka yang mengandung vitamin A, B6 dan C.

Adapula bumbu dapur yang membantu produksi zat kimia tersebut, yaitu kemangi, lada hitam, cabe rawit, jinten, bawang putih, jahe, rosemary, wijen, dan kunyit. Meminum segelas anggur merah dalam jumlah cukup pun merupakan cara meningkatkan dopamin.

2. Jaga keseimbangan hormon

Terdapat hormon yang bertanggung jawab untuk meciptakan gairah seksual yaitu estrogen dan testosteron yang terdapat di dalam tubuh wanita dan pria, serta DHEA (dehydroepiandrosterone) yang hanya terdapat pada wanita.

Untuk menjaga keseimbangan antara hormon-hormon tersebut konsumsi daging, ikan, telur, secara seimbang. Untuk menjaga produksi estrogen, hindari memakan sereal dan roti karena serat yang terdapat di dalam makanan tersebut menyerap estrogen, serta hindari alkohol dan merokok.

Konsumsi makanan yang mengandung banyak zink seperti daging, telur, seafood, dan tahu adalah cara untuk menjaga produksi testosteron.

Hindari mengonsumsi kopi dan minuman berkafein lainnya karena dapat membuat testosteron tidak bekerja.

Peningkatan produksi DHEA dapat memberikan efek yang dramatis pada libido seorang wanita. Untuk meningkatkannya, konsumsi lemak baik seperti salmon, ikan teri, bayam, dan salada air, serta makanan-makanan yang asin dan pedas.

3. Tingkatkan energi
Untuk mendapatkan hubungan seks yang berkualitas, Anda memerlukan energi. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat Anda akan kuat dan sehat, serta meningkatkan Human Growth Hormon (HGH) yang dapat meningkatkan gairah seksual dan stamina. Untuk meningkatkannya, Anda harus mengonsumsi protein organik seperti daging sapi, ikan, dan ayam, serta sayuran yang berasal dari akar seperti wortel dan lobak.

Hormon tiroid pun dapat membantu menjaga energi. Karena tiroid memerlukan iodin, makna konsumsilah ganggang laut, rumput laut, tiram, kerang dan tuna. Vitamin B yang terdapat pada alpukat, bebek, kambing, kentang, dan biji bunga matahari membantu mengubah karbohidrat menjadi gula sebagai sumber energi tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: