>Cara Membuat AC Sendiri Dengan Modal Kecil

>

Sebelumnya minta maaf kalau berita kali ini agak menyimpang. Saya cuma mau share pengalaman saya membuat AC sendiri. Berhubung akhir-akhir ini rumah saya terasa panas sekali. mau beli AC juga listriknya gak kuat. Setelah cari cara sana-sini akhirnya ketemu juga cara bikin yang sangat sederhana dan dengan biaya yang relatif murah. tapi hasilnya benar-benar ces nyes.. 

Bahan-bahan Yang diperlukan untuk membuat AC Sendiri :
Kipas angin rumah (Stand/Duduk) ukuran agak besar/seadanya.
Cooper Tubing/Pipa Tembaga ukuran 3/16″ panjang terserah. (Beli di toko AC/Perlengkapan AC, Tukang Service AC) 8rb – 13rb/Meter
Cable Ties secukupnya
Pompa akuarium kecil (Beli di toko akuarium) 45-65rb/pcs
Pipa plastik 3/16″ Beli di toko bangunan. Harga –
Tandon air (Termos Es) Bisa pake stereofoam bekas tempat ikan.

ESTIMASI PENGELUARAN
Rp. 100.000,-

Harga belum termasuk Kipas Angin, peralatan tambahan, dll

Langkah-langkah!

1. Siapkan Kipas Angin dan Copper Tubing
2. Lilitkan Copper tubing di depan kipas angin


Usahakan jangan sampai pipa tertekuk/patah

kencangkan kabel pakai ties
3. Sambungkan Pipa tembaga sama pipa plastik





4. Siapin pompa akuarium. cek mana inlet mana outlet. Terserah agan mo pake yg sebelah mana.



Biarkan ujung yang lain bebas. Untuk masuk/keluar air. Saatnya buat uji coba hasil karya kamu…. Isikan air dingin di Tandon air/Termos Es. Kalo perlu tambahkan ES balok biar dingin!

AC sederhana kamu siap digunakan! Selamat mencoba

Prinsip kerja sederhana
Air dingin yang dipompakan ke pipa tembaga menyebabkan pipa tersebut menurun suhunya. Sesuai prisip kondensasi.
Suhu dingin di sekitar pipa dihembuskan oleh angin dari kipas.
Secara teknis suhu angin keluar dari kipas lebih dingin dari pada suhu ruang.
Maka, dingin deh ruangannya… Its simple!
Cocok buat kamar yang tertutup (seperti AC sehingga dingin ruangan tetap terjaga dan optimal)

Jangan takut kalau hasilnya jelek. saya sudah mencobanya sendiri dan hasilnya benar2 ces nyess..
sumber

Iklan

6 Responses to >Cara Membuat AC Sendiri Dengan Modal Kecil

  1. takutnya nanti pada lembab kalo gak berhasil.

    semoga bermanfaat artilnya. amin

  2. ali says:

    aku mau nanya klo pompa airnya itu yang di pake cma 1 atau 2-2 nya?
    tolong di jawab

  3. ali says:

    itu pake airrator/sirkulasi?
    tolong di jawab plaseeeeeeeeeeeee!
    aku jga mau bkin

  4. Toyot says:

    Pakai sirkulasi air aquarium satu bos, tp di kamar agak ribet yang penting suejuuk…

  5. iyung says:

    air yang dingin di dalam tabung pipa akan menyebabkan udara sekitar pipa menjadi dingin dan mengkondensasi udara menjadi cair..nah klo udah banyak cairan di sekitar tabung pipa bagian luar apa ndak malah banjir di bwah kipas anginnya…???klo di sistem ac udah ada jalur pembuangan untuk reaksi seperti ini…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: